Bacaan Sholat Lengkap, Rukun dan Syarat Sholat, Hikmah Sholat, Bacaan Dzikir dan Bacaan Doa

Pengertian Sholat Dhuha, Waktu Pelaksanaan dan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Dhuha

Pengertian Sholat Dhuha.
Sholat Duha adalah sholat sunah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha. Waktu duha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul 07.30  pagi) hingga sebelum masuk waktu Zuhur. Jumlah rakaat sholat dhuha minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Dan dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam.


Zaid bin Arqam r.a. berkata: “Nabi SAW keluar menuju tempat Ahli Quba, di kala itu mereka sedang mengerjakan Solat Dhuha. Baginda bersabda; “Inilah solat orang-orang yang kembali kepada Allah, yaitu di waktu anak-anak unta telah bangkit kerana kepanasan waktu Dhuha.”  (HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi).


Tata Cara Sholat Dhuha :

Shalat Dhuha minimal dua rakaat dan maksimal duabelas rakaat, dilakukan secara Munfarid (tidak berjamaah). Berikut tata cara sholat dhuha :

1. Niat sholat dhuha didalam hati bersamaan dengan Takbiratul Ihram :

ﺃﺻَﻠِّﻲ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﻀُﺤَﻰ ﺭَﻛَﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌﺎﻟﻰَ

“Ushollii sunnatadh-dhuhaa rok’ataini lillaahi ta’alaa.”

“Aku niat sholat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah ta’alaa.”

2. Membaca doa Iftitah

3. Membaca surat Al-Fatihah

4. Membaca salah satu surat didalam Al-Quran, namun lebih diutamakan membaca Surat Surat Adh-Dhuha ,Asy-Syamsu, Surat Al-Lailu.

5. Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali

6. I’tidal dan membaca bacaanya

7. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali

8. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya

9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali

10. Lakukan rakaat kedua seperti cara rakaat pertama tanpa membaca niat dan doa iftitah.

11. Tasyahud akhir


12. Salam dua kali

Sesudah salam maka alangkah lebih baiknya berzikir kepada Allah Swt sebelum berdoa.

Bacaan Doa Sholat Dhuha.

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


ALLAHUMMA INNADH DHUHA­A DHUHA­UKA, WAL BAHAA­A BAHAA­UKA,
WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA
QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS
SAMMA­I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA­AKHRIJHU, WA INKAANA
MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA
INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA­IKA WA BAHAAIKA, WA
JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA
‘IBADIKASH SHALIHIN

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha­Mu, keagungan adalah keagunan Mu, keindahan adalah keindahan­Mu, kekuatan adalah kekuatan­Mu, penjagaan adalah penjagaan -Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha­Mu, kekuasaan­Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hambahambaMu yang soleh”

Manfaat dan Sholat Dhuha.

Manfaat atau faedah sholat dhuha yang dapat diperoleh dan dirasakan oleh orang yang melaksanakan salat duha adalah dapat melapangkan dada dalam segala hal terutama dalam hal rezki, sebab banyak orang yang terlibat dalam hal ini.

Dr. Ebrahim Kazim, seorang dokter, peneliti, serta direktur dari Trinidad Islamic Academy-menyatakan bahwa gerakan teratur dari shalat menguatkan otot berserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.


Terlebih lagi shalat dhuha tidak hanya berguna untuk mempersiapkan diri menghadapi hari dengan rangkaian gerakan teraturnya, tetapi juga menangkal stress yang mungkin timbul dalam kegiatan sehari-hari, sesuai dengan keterangan dr. Ebrahim Kazim tentang sholat,

"Ada ketegangan yang lenyap karena tubuh secara fisiologis mengelurakan zat-zat seperti enkefalin dan endorfin. Zat ini sejenis morfin, termasuk opiat. Efek keduanya juga tidak berbeda dengan opiate lainnya. Bedanya, zat ini alami, diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol." Sumber www.sholat-dhuha.info

1 Komentar untuk "Pengertian Sholat Dhuha, Waktu Pelaksanaan dan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Dhuha"

Memang benar jika kita melakukan tata cara sholat dhuha dengan benar, insyaallah bisa membawa hati kita tenang. Luar biasa memang bila sholat dhuha ini dilakukan sungguh-sungguh tiap harinya.

Back To Top