Bacaan Sholat Lengkap, Rukun dan Syarat Sholat, Hikmah Sholat, Bacaan Dzikir dan Bacaan Doa

Hukum Sholat Wanita yang Nampak Pergelangan Tangannya

Banyak wanita yang menganggap remeh saat melakukan sholat, ada yang tampak pergelangan tangannya atau sedikit darinya, begitu juga dengan kakinya, bahkan kadang sebagian betisnya, apakah shalat seperti itu sah?


Menurut Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz.Wajib bagi seorang  wanita merdeka dan baligh untuk menutup seluruh badannya dalam shalat, kecuali wajah dan telapak tangannya, sebab semua itu adalah aurat, jika seorang wanita sholat sementara ada yang tampak sedikit dari auratnya, seperti betisnya, kakinya atau sebagian kepalanya maka shalatnya tidak sah, berdasarkan hadits Nabi Saw:

 لاَ يَقْبَلُ اللهُ صَلاَةَ حَائِضٍ إِلاَّ بِخِمَارٍ

“Allah tidak menerima sholatnya wanita yang sudah haidh (baligh) kecuali dengan khimar (penutup kepala/jilbab).” (HR. Ahmad dan ahlussunan kecuali An-Nasai dengan sanad yang shahih). 

Yang dimaksud wanita yang sudah haidh (حائض) adalah wanita baligh.
Juga berdasarkan hadits Rasulullah Saw.

 الْـمَرْأَةُ عَوْرَةٌ 

“Wanita adalah aurat "


Juga berdasarkan riwayat Abu Daud rahimahullah dari Ummu Salamah radhiyallahuanha, dari Rasulullah Saw, dia (Ummu Salamah) bertanya kepada Rasulullah Saw tentang wanita yang sholat dengan mengenakan baju dan kerudung tanpa mengenakan kain, maka beliau bersabda:

“Jika bajunya lebar dan menutup kedua kakinya (maka sholatnya sah)”, 

Al Hafiz Ibnu Hajar berkata dalam kitab Bulughul Maram, para imam menshahihkan mauqufnya hadits ini kepada Ummu Salamah. Jika terdapat orang yang bukan mahram didekatnya maka dia wajib juga menutup wajah dan kedua telapak tangannya.
Tag : Rukun Syarat
2 Komentar untuk "Hukum Sholat Wanita yang Nampak Pergelangan Tangannya"

Beda mahzab beda pendapat. Mana yang di yakini saja mas. Saya dulu juga cuma belajar satu mahzab saja jadi kalau ada yg berbeda fikih dianggap ngga sah. Setelah nambah ilmu saya kini tdk bisa menganggap ibadah fikih org lain keliru. Mereka hanya meyakini yg mereka kerjakan.

bagaimana sholatnya orang yang istikhadoh terus menerus darahnya keluar saat sholat?

Back To Top