Bacaan Sholat Lengkap, Rukun dan Syarat Sholat, Hikmah Sholat, Bacaan Dzikir dan Bacaan Doa

Pengertian Najis dan Hadas Serta Perbedaannya

Najis itu perkara/benda yang kotor yang bisa menghalangi sahnya shalat.

Didalam Fathul Mu'in Halaman 11 dijelaskan sebagai berikut ;

، وهو شرعا مستقذر، يمنع صحة الصلاة حيث لا مرخص، فهو (كروث وبول ولو) كانا من طائروسمك وجراد وما لا نفس له سائلة، أو (من مأكول) لحمه على الاصح

(Najis) menurut syara' adalah kotoran-kotoran yang bisa mencegahnya sahnya shalat dalam keadaan tidak ada keringanan, yaitu (seperti) tinja, air kencing, sekalipun keluar dar burung ikan, belalang, dan hewan yang darahnya tidak mengalir ; ataupun dari binatang yang dagingnya halal dimakan, menurut qoul yang Ashah.



. قال الاصطخري والروياني من أئمتنا، كمالك وأحمد: إنهما طاهران من المأكول. ولو راثت أو قاءت بهيمة حيا، فإن كان صلبا بحيث لو زرع نبت، فمتنجس يغسل ويؤكل، وإلا فنجس

Al-Imam Al-Ashtakhriy dan Al-Imam Ar-Raiyani dari kalangan Madzhab Asy-Syafi'i sebagaimana pendapat Al-Imam Malik dan Al-Imam Ahmad berkata, bahwa tinja dan air kencing yang berasal dari binatang yang halal dimakan hukumnya suci. Dan seandainya ada binatang yang berak atau memuntahkan biji-bijian, maka jika biji tersebut keras, maksudnya kalau ditanam bisa tumbuh lagi, maka dihukumi mutanajjis yang jika dibasuh (disucikan) bisa dimakan, dan jika tidak (keras) maka itu najis.

Dialam I'anah Thalibin Juz I halaman 89 diterangkan makna Najis secara bahasa (lughah) ;

(قوله: وهو) أي النجس. وقوله: شرعا إلخ وأما لغة: فهو كل مستقذر، ولو معنويا كالكبر والعجب، أو طاهرا كالمخاط والمني

"Najis adalah setiap kotoran, walaupun secara maknawi seperti sombong dan ujub. atau perkara yang suci seperti lendir dan mani".

Ket ; cakupan secara bahasa itu luas, walaupun mani itu termasuk kotoran (dianggap kotor) dan dikategorikan najis tapi itu hanya secara bahasa, sedangkan menurut syara' adalah suci.

Sedangkan Hadats bukanlah najis yang bisa dilihat secara fisik melainkan status hukum yang ada pada diri seseorang yang membuatnya tercegah melakukan shalat atau yang mewajibkannya untuk wudlu/mandi. Hadast ada 2,

الأحداث اثنان : أصغر وأكبر . فالأصغر ماأوجب الوضوء . والأكبر ماأوجب الغسل *

"Fasal : Hadats itu ada 2 macam : Hadats kecil : hadats yang mewajibkan wudlu’, Hadats besar : hadats yang mewajibkan mandi (jinabat)"
Tag : Rukun Syarat
0 Komentar untuk "Pengertian Najis dan Hadas Serta Perbedaannya"

Back To Top