Bacaan Sholat Lengkap, Rukun dan Syarat Sholat, Hikmah Sholat, Bacaan Dzikir dan Bacaan Doa

Tanda-tanda Sholat Diterima Allah Swt


Tugas seorang hamba adalah beribadah kepada Allah. Salah satunya adalah sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Sholat dikatakan sah, apabilah rukun dan syaratnya terpenuhi. Akan tetapi Tidak ada yang bisa menjamin dan tidak ada yang tahu pasti apakah sholat yang kita lakukan diterima oleh Allah atau tidak.

Namun ada tanda-tanda yang isyaratkan diterimanya sholat, sebagai berikut :

1. Merendahkan Diri.
Sholat yang dilakukan dengan merendahkan diri. Maksudnya, salat secara khusyuk, menjiwai, takut dan merendahkan diri di hadapan Allah.

Contoh: Sayidina Ali bin Abi Thalib setiap mau salat, tubuhnya gemetar, wajahnya pucat pasi. Seseorang bertanya, "Ada apa dg engkau, ya Amirul Mu'minin?"

Beliau jawab, "Engkau tidak tahu bahwa sebentar lagi aku akan hadapi waktu amanah." 

Beliau melanjutkan, "Sholat adalah suatu amanah Allah yang pernah ditawarkan kepada langit, bumi, bukit untuk memikulnya. Tetapi, mereka menolaknya karena khawatir akan mengkhianatinya, dan sekarang aku mengembannya.”

Tidak jauh beda dengan Sayyidina Ali, Khalifah Umar bin Khattab yang dikenal sangat gagah berani bahkan ditakuti setan pun senantiasa bercucuran air mata setiap melaksanakan sholat.
2. Menahan Nafsu.
Apabila sholatnya tersebut mampu menjadi alat kontrol untuk mengendalikan hawa nafsunya.

Sabda Rasulullah, "Barangsiapa yang sholatnya tidak mencegah dari kejelekan dan kemungkaran, maka sholatnya hanya akan menjauhkan dirinya dari Allah"

Hadits lain, "Nanti, pada hari kiamat, ada orang yang membawa sholatnya di hadapan Allah. Lalu sholatnya diterima dan dilipat-lipat seperti dilipat-lipatnya pakaian yang kotor dan usang. Lalu sholat itu dilemparkan ke wajahnya."

3. Banyak Berdzikir.
Sholat tersebut menjadi motivasi untuk semakin banyak berdzikir mengingat Allah serta menambah amal ibadah lagi dan lagi.

Dalam surat Al-Mulk, "Allah akan menguji kamu siapa yang paling baik amalannya.”

4. Saleh Sosial.
Orang yang sholatnya diterima tidak hanya akan beramal untuk mensalehkan diri sendiri. Namun juga saleh secara sosial. Diwujudkan kepeduliannya pada kondisi orang-orang di sekitarnya. Peduli anak yatim, fakir, miskin dan orang yang kena musibah dan butuhkan pertolongan.

Rasul bersabda, ”Orang yang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dan dekat dengan surga. Sedangkan orang yang bakhil atau pelit, jauh dari Allah, jauh dari manusia, dan dekat dengan neraka."
0 Komentar untuk "Tanda-tanda Sholat Diterima Allah Swt"

Back To Top