Bacaan Sholat Lengkap, Rukun dan Syarat Sholat, Hikmah Sholat, Bacaan Dzikir dan Bacaan Doa

Lutut Dulu atau Tangan Dulukah Ketika Hendak Sujud?


Manakah yang benar, meletakan lutut dulu atau tangan dulu ketika hendak sujud?
Saudaraku yang di rahmati Allah

memang jika kita perhatikan masalah ini , akan kita dapatkan keduanya mempunyai dalil. Bagi yang berpendapat bahwa ketika hendak sujud hendaknya meletakan kedua tangan terlebih dahulu sebelum kedua lututnya, ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan  oleh Abu Hurairah dari Abu Az-Zinad, dan Al-Araj ia berkata, bahwa rasulullah bersabda, 


“jika salah satu dari kalian hendak sujud, maka jangalah ia menderum sebagaimana menderumnya unta. Hendaknya ia meletakan kedua tangan terlebih dahulu  sebelum kedua lututnya” (diriwayatkan oleh ketiga imam hadis. Di katakan bahwa hadis ini lebih kuat dari pada hadis yang diriwayatkan oleh wa’il bin Hujr)   
dari wail ibnu Hujr, ia berkata, “aku melihat rasulullah jika beliau sujud , beliau meletakan kedua lututnya sebelum kedua tangannya.” (Diriwayatkan oleh imam empat)

Dari dalil di atas, maka para imam berbeda pendapat. Imam ats-Tsauri cenderung  mengatakan meletakan kedua lutut lebih di dahulukan sebelum kedua tangannya.

Sedangkan imam Malik berkata bahwa yang mana saja dari kedua anggota badan tersebut boleh di dahulukan untuk di letakan  ketika hendak sujud.

Adapun imam Syafi’i berpendapat bahwa yang lebih dahulu di letakan adalah kedua lutut, kemudian kedua tangan, kemudian kening, kemudian hidung.

Kalau boleh kita katakan dari beberapa dalil di atas, maka secara logika sebenarnya semua sepakat bahwa kepala pasti di letakan kedua tangan dan kedua lutut diletakan di atas tanah ketika sujud. Demikian juga, dapat di katakan bahwa kepala akan di angkat sebelum kedua tangan dan kedua lutut diangkat, ketika bangkit dari sujud.

Dengan demikian, jika kedua tangan bisa di pastikan  akan di angkat terlebih dahulu ketika bangkit dair sujud, maka keduanya tentunya di letakan  terakhir ketika hendak sujud.

Sekalipun demikian, perbedaan pendapat ini menunjukan bahwa pendapat yang mana saja boleh kita pakai sebagai landasan dalam kita beramal. Wallahu a’alam bis shawab.

Tag : Rukun Syarat
0 Komentar untuk "Lutut Dulu atau Tangan Dulukah Ketika Hendak Sujud?"

Back To Top