Bacaan Sholat Lengkap, Rukun dan Syarat Sholat, Hikmah Sholat, Bacaan Dzikir dan Bacaan Doa

Inilah Cara Rasulullah Menjawab Ucapan Salam Ketika Sedang Shalat


Ucapan salam termasuk ciri khas umat Islam. Mengucapkan salam merupakan salah satu sunnah Rasulullah Saw.dan menjawab salam hukumnya wajib. Salah satu upaya menyebarkan salam diantar kaum muslimin adalah mengucapkan salam kepada setiap muslim, walaupun kita tidak mengenalnya. Hal ini didasari sabda Nabi Saw: Dari ‘Abdullah bin Amr bin Ash radiallahu ‘anhuma, ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi Saw: 

“Islam bagaimana yang bagus?” Nabi Saw menjawab: “Engkau memberi makan ( kepada orang yang membutuhkan), mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal.” (HR. Bukhori dan Muslim) 



Mengucapakan salam selain sebagai bentuk penghoramatan kita kepada sesama muslim, juga mengandung sebua do’a keselamatan bagi setiap orang yang menerima atau mengucapkanya.

Adapun dalil menjawab salam itu wajib, telah dijelaskan dalam Al-Qur'an. Allah berfirman yang artinya: “Apabila kalian diberi salam/penghormatan, maka balaslah dengan yang lebih baik atau balaslah dengan yang serupa.” (QS. An-Nisa’: 86)

Rasulullah bersabda, “Kewajiban seorang muslim atas muslim yang lain ada lima; menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, memenuhi undangan dan mendoakan orang yang bersin.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Saw bersabda,

“Apabila salah seorang kalian sampai di suatu majlis hendaklah memberikan salam. Dan apabila hendak keluar, hendaklah memberikan salam. Dan tidaklah (salam) yang pertama lebih berhak daripada (salam) yang kedua.” (HR. Abu Daud dan al-Tirmidzi serta yang lainnya  Hasan shahih).” 

Mengucapkan salam dan menjawab salam ternyata tidak hanya di syaritakan di luar shalat, namum ketika shalat juga di syariatkan. Hanya saja, teknisnya ternyata berbeda ketika kira menjawab salam dan shalat. Nah bagaimana cara menjawab salam ketika shalat?

Berdasarkan hadits yang di riwayatkan oleh Jabir bin Abdillah bahwa Rasulullah pernah mengutus beliau untuk suatu keperluan. Kemudian sahabat Jabir sedang mendapati Rasulullah dalam keadaan shalat. Jabir berkata, “Maka aku mengucapkan salam kepada Rasulullah, lalu beliau memberi isyarat kepadaku.” (HR.Muslim)

Adapun isyarat yang di lakukan oleh Rasulullah ini beragam bentuknya. Ada suatu saat beliau menjawab salam dengan isyarat tangan. (HR. Abu Dawud Dan Ibnu Majah)

Pada kesempatan yang lain, beliau menjawab salam dengan isyarat jari-jarinya (HR. Ahmad dan Turmudzi)

Namun yang perlu di jadikan catatan, bahwa menjawab salam ini di perbolehkan hanya jika keadaan dan kondisi memungkinkan. Hal ini sebagaimana yang di terangkan oleh imam ibnu Taimiyah, “Jika orang yang sedang shalat memungkinkan untuk menjawab salam dengan isyarat, maka itu tidak mengapa. Hal ini sebagaimana para saabat yang mengucapkan salam kepada Rasulullah kemudian beliau menjawabnya dengan isyarat. Namun jika tidak memungkinkan untuk menjawab, bahkan mungkin menuntut ia harus berbicara dan mempersilakan orang yang salam dengan memutus shalatnya, maka tindakan ini tidak perlu di lakukan."

Demikianlah sahabat bacaan madani cara menjawab salam ketika melaksanakan ibadah shalat. Semoga kita termasuk orang-orang yang menebarkan ucapan salam. Aamiin.

Tag : Rukun Syarat
2 Komentar untuk "Inilah Cara Rasulullah Menjawab Ucapan Salam Ketika Sedang Shalat"
This comment has been removed by the author. - Hapus

Ini gimana sih?? Bahasa dan kata yg saya tulis di komentar ga sesuai dgn yg saya ketik di awal

Back To Top